Cara Mudah “Setting” di WordPress untuk Pertama Kali

Cara Mudah “Setting” di WordPress untuk Pertama Kali

Setelah Anda berhasil melakukan instalasi wordpress ke localhost melalui web server xampp, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah pengaturan “setting” pada dashboard wordpress sebelah kiri. Meskipun terlihat sepele, namun beberapa pengaturan ini cukup mempengaruhi web wordpress Anda. Dan Saya akan coba memandu Anda bagaimana cara mengatur menu “Setting” yang mudah dan tidak memakan banyak waktu.

Cara Mudah Setting WordPress

Saat anda login ke wordpress offline menggunakan username dan passwod, perhatikan beberapa menu dashboard dan temukan Menu “setting”. Dalam sub-menu setting ada beberapa bagian yang perlu disesuaikan.

 

1). General Setting

setting pada wordpress

 

Jika Anda kebingungan apa saja yang perlu disesuaikan di Sub-menu General Setting, silakan samakan saja dengan gambar di atas ya untuk pengaturannya. Bagian General settings mencakup pengaturan umum website wordpress. Silakan sesuaikan judul blog atau tagline, email, zona waktu , dan format tanggal sesuai dengan wordpress Anda.

2). Writing Settings

setting wordpress

Saran Saya, biarkan apa yang ada di writing settings sesuai default dari wordpress itu sendiri. Dan gambar di atas adalah versi default dan belum diubah. Biarkan pada settingan defaultnya.

3). Reading Settings

Pada bagian sub-menu ini, Anda bisa memilih apakah ingin menampilkan Halaman Depan (homepageberdasarkan POST atau PAGE. Pada bagian Reading Settings juga terdapat menu untuk menampilkan berapa jumlah post yang ingin ditampilkan di halaman depan dan di syndication feeds. Kemudian kita juga bisa mengatur feed secara penuh atau sebagian. Default-nya adalah halaman depan menampilkan postingan.

 

 

setting wordpress

 

4). Discussion Settings

Settingan pada bagian sub-menu Discussion digunakan untuk mengatur Izin boleh atau tidaknya komentar yang menyertai postingan di dalam Blog Anda. Namun jika kita perhatikan, blog-blog atau website besar dan sukses menyertai komentar pada postingannya. Dan terdapat banyak komentar yang menunjukkan adanya interaksi antara pengunjung dan pemilik blog atau website. Jadi Saya sarankan agar Anda mengaktifkan fitur ini.

 

pengaturan setting pada wordpress

 

5). Permailinks Settings

Fitur Permailink ini adalah fitur yang sangat penting untuk website Anda. Google dan mesin pencari lainnya akan lebih mudah untuk menemukan (mengindeks) konten yang Anda buat jika Anda membuat permailink yang diinginkan oleh mesin pencari seperti Google dan Bing. Saya sarankan agar Anda melakukan settingan permailink sesuai dengan gambar di bawah ini supaya URL Link konten anda lebih SEO Friendly.

settingan permailink wordpress

 

Demikian Cara Mudah Setting WordPress saat Anda pertama kali berhasil melakukan instalasi wordpress ke hosting online maupun offline. Semoga bermanfaat ya!

Jangan lupa untuk share konten ini jika Anda merasakan manfaatnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *