Inilah 4 Cara Memilih Layanan Web Hosting yang Tepat

  • Riyutek
  • Jul 15, 2022
cara memilih layanan hosting

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli layanan web hosting untuk website Anda, ada baiknya Anda mulai belajar mengenali seperti apa Layanan web hosting terbaik yang sesuai dengan kebutuhan website bisnis Anda.

Untuk memilih sebuah layanan hosting yang cocok untuk kebutuhan website yang Anda miliki, ibarat seperti memilih sebuah rumah untuk Anda tinggali. Anda harus mempertimbangkan Status rumah, ukuran rumah, keamanan rumah, dan lain-lain.

Tanpa basa-basi lagi, yuuk qta mulai bahas bagaimana cara memilih layanan web hosting yang tepat

Inilah 4 Kriteria Memilih Web Hosting yang Tepat

1. Server Kuat dengan Jaringan Stabil

Banyak layanan hosting yang menawarkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki dan tidak ada pada layanan hosting lainnya. Banyak juga diantaranya yang memikat hati calon konsumen dengan menawarkan promo-promo menarik.

Yang perlu Anda ingat adalah, promo hanya sebatas layanan tambahan. Anda bisa mengabaikannya terlebih dahulu. Lantas, utamakan realibilitas dari servernya. Ini mencakup pada kekuatan server dan kestabilan jaringan.

Server yang kuat memungkinkan situs yang dibuat di hosting tidak mudah down. Kalaupun ada permasalahan, penyedia layanan akan sigap untuk melakukan penanganan. Dan ini maintenance ini biasanya dilakukan setiap waktu dengan menetapkan waktu khusus.

Biasanya, Anda akan diberitahu tentang kapan proses maintenance. Ini memungkinkan Anda menyadari bahwa ada perbaikan jaringan di waktu tertentu. Dengan begitu, wajar bila situs Anda tidak bisa diakses pada saat itu.

Untuk mengetahui bagus tidaknya hostingan, periksalah skornya. Jaringan dikatakan stabil jika skornya mencapai 99 % atau lebih. Jadi, pastikan dengan melihat pemberitaan ataupun mengeceknya langsung dengan tool yang bisa didapatkan secara online.

Kata Kunci untuk mengetahui performance server yang kuat adalah : Uptime 99,90%. Idealnya, rata-rata uptime sebuah website pada server hosting adalah 99,90% dalam satu bulan. Maksud Score 99,90% adalah website Anda akan offline (tidak bisa diakses oleh visitor) selama 10 menit per minggu atau 40 Menit per bulan.

2. Memiliki Opsi Upgrade

Sangat sederhana, seorang newbie atau pemula atau orang yang baru saja belajar menggunakan dan membuat website, kebutuhan paket hosting untuk websitenya tidak memerlukan spesifikasi yang terlalu besar. Hal ini karena jumlah pengunjung ataupun visitornya masih kecil, sehingga kebutuhan hostingnya masih standar.

Namun apa yang akan terjadi apabila dalam jangka waktu tertentu jumlah kunjungan visitornya sudah mulai meningkat tajam dan tentunya paket hosting Standar sudah tidak relevan lagi untuk tetap Anda gunakan pada website Anda. Anda perlu melakukan UPGRADE ke layanan hosting yang lebih ADVANCE lagi. Untuk itu, Opsi Upgrade adalah solusinya, dan ada juga loch Layanan Web Hosting yang tidak menyediakan layanan UPGRADE.

3. Layanan ADD-ON DOMAIN pada Hosting

Pada saat Anda ingin memutuskan membeli atau menyewa web hosting, ada baiknya melakukan cek ricek terlebih dahulu. Apakah ada Layanan ADD-ON DOMAIN pada Layanan Hosting yang akan Anda gunakan?

Maksudnya begini, dengan layanan ADD-ON Domain, Anda bisa memiliki lebih dari 1 website dalam 1 layanan web hosting. Anda bisa membuat beberapa domain tambahan dalam 1 akun web hosting.

Mengapa hal tersebut Saya tekankan kepada Anda? Karena banyak loch layanan hosting yang hanya menyediakan 1 akun hosting untuk 1 akun domain. Dan ini tentunya tidak baik untuk cost atau budget Anda.

4. Kelengkapan Fitur Layanan Hosting

Penting untuk memperhatikan fitur yang disediakan oleh provider hosting. Fitur penunjang yang memudahkan pembuatan website harus ada. Jika tidak, Anda harus mencarinya sendiri sehingga cukup merepotkan. Bahkan berpotensi untuk tidak bisa melakukannya sama sekali.

Contoh fitur yang seharusnya ada adalah auto Script Installer. Fitur ini memudahkan Anda dalam pembuatan website. Hanya dengan beberapa langkah saja, website sudah terbangun. Selain itu, perhatikan juga fitur keamanan, SSL, chart untuk website bisnis dan lain sebagainya. Yang paling penting ialah apa yang menjadi kebutuhan Anda sudah disediakan oleh provider.

Sisanya adalah memastikan layanan support, biaya dan lain sebagainya. Jika Anda menemukannya, Anda tidak akan kesulitan dalam pembuatan website. Itulah beberapa cara yang bisa diperhatikan saat memilih hosting untuk
blog yang akan kita bangun.

Sangat simpel khan!Semoga dapat membantu dan bisa menjadi referensi bagi Anda saat memutuskan untuk membeli atau menyewa layanan web hosting.

Klo Anda masih bingung dan ada hal yang ingin ditanyakan, silakan JOIN ke dalam Grup WA ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *